Jumat, 16 Maret 2012

SEO On Page

SEO On Page

v    SEJARAH SEO
Menurut Danny Sullivan, istilah search engine optimization pertama kali digunakan pada 26 Juli tahun 1997 oleh sebuah pesan spam yang diposting di Usenet. Pada masa itu algoritma mesin pencari belum terlalu kompleks sehingga mudah dimanipulasi.Versi awal algoritma pencarian didasarkan sepenuhnya pada informasi yang disediakan oleh webmaster melalui meta tag pada kode html situs web mereka. Meta tag menyediakan informasi tentang konten yang terkandung pada suatu halaman web dengan serangkaian katakunci (keyword). Sebagian webmaster melakukan manipulasi dengan cara menuliskan katakunci yang tidak sesuai dengan konten situs yang sesungguhnya, sehingga mesin pencari salah menempatkan dan memeringkat situs tersebut. Hal ini menyebabkan hasil pencarian menjadi tidak akurat dan menimbulkan kerugian baik bagi mesin pencari maupun bagi pengguna internet yang mengharapkan informasi yang relevan dan berkualitas.Larry Page dan Sergey Brin, dua mahasiswa doktoral ilmu komputerUniversitasStanford, berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan membangun Backrub, sebuah mesin pencari sederhana yang mengandalkan perhitungan matematika untuk memeringkat halaman web. Algoritma tersebut, yang dinamakan PageRank, merupakan fungsi matematika yang kompleks berupa kombinasi antara perhitungan jumlah link yang mengarah pada suatu halaman web dengan*analisis atas kualitas masing-masing link tersebut.

v  DEFINISI SEO
Teknik SEO On Page merupakan sebuah teknikoptimasi blog yang menitik beratkan SEO pada kemahiran seseorang dalam memposting sebuah artikel. Teknik seo on page sendiri terdiri dari pemakaian Jscript & CSS dalam sebuah blog, kecepatan loding halaman sebuah blog, struktur tulisan/artikel yang jelas, tema yang easy cacth(enak dilihat) juga easy browse(untuk spider google) dan mempunyai link-link yang berkaitan. Selain itu SEO sebagai serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas traffic dari mesin pencari menuju alamat situs web tertentu, dengan memanfaatkan mekanisme kerja alami algoritma dari mesin pencari tersebut.
v  TUJUAN SEO
          Tujuan spesifik SEO adalah menempatkansuatu alamat situs web pada posisi teratas (atau setidaknya pada halaman pertama) hasil pencarian berdasarkan subyek tertentu. Secara logis alamat situs yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung lebih banyak.Mesin pencari di Internet bisa dikatakan sejenis biro periklanan dalam hal mempromosikan semua halaman dari sebuah web. Karena jika para pengunjung Hnternet ingin mencari informasi ataupun data, mereka biasanya akan menggunakan bantuan dari sebuah mesin pencari, contohnya: Google, MSN, Yahoo, dll, dengan cara mengetikkan kata kunci terhadap informasi yang mereka cari. Nah, apabila situs web anda senantiasa berada di peringkat tinggi pada hasil pencarian mereka, maka peluang pengunjungmenuju ke Web anda akan semakin besar.Pengunjung yang lebih banyak berarti pula meningkatkan peluang bagi perusahaan yang memanfaatkan web sebagai media bisnis mereka. Sebab pengunjung berarti pelanggan dan calon pelanggan, itulah sebabnya kebutuhan atas jasa SEO juga semakin meningkat. Peluang ini pun di manfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan jasa SEO. Banyak faktor dan syarat yang tidak bisa kita ketahui secara pasti, sehingga SEO selalu menjadi misteri yang sangat menarik untuk di pelajari. Algoritma dan mekanisme yang di gunakan oleh suatu mesin pencari tidak bisa di prediksi dengan tepat.Mesin pencari melakukan proses pencarian sebuah web dengan berbagaijenis target, termasuk pencari gambar, pencari lokal dan lain-lain.beberapa mesin pencari yang populer antara lain Google, Yahoo, MSN, Alexa, Microsoft's Live Search.
v 5 Manfaat menggunakan teknik seo on page
  1. Teknik seo on page mempunyai daya tahan seo yang lebih lama, itu dikarenakan teknik ini berhubung langsung dengan kepentingan robot mesin pencari, yang dimana robot tersebut mencari artikel-artikel yang sesuai dengan kriterianya.
  2. Seo on page juga memberikan dampak khusus bagi user, why? Karena user secara alami akan lebih senang membaca artikel yang lebih mudah dibaca, dan disinilah keutamaan dari teknik seo on page(memudahkan user dan robot google membaca).
  3. Dalam ke-2 keuntungan diatas, Kamu dapat mengambil kesimpulan bahwa teknik seo on page juga mampu menjaga kestabilan posisi artikel dimata mesin pencari(double hits!).
  4. Dua teknik seo on page lainnya adalah melakukan pemilihan hosting yang tepat dan Penggunaan Jscript atau CSS yang optimal, yang dimana hal tersebut akan membuat website atau blog pribadi Kamu menjadi lebih stabil dan jika stabil, blog kamu tersebut akan mempunyai nilai +1, baik itu dimata robot pencari dan user dari blog kamu tersebut.
  5. Penerapan teknik seo on page pun akan berdampak pada sang Admin, why? Karena secara tidak langsung Admin akan melatih diri membuat dan menampilkan tulisan/karya-karya yang baik, dan hebatnya karya mereka tersebut dinilai oleh manusia dan robot yang tak berhati tersebut.
Sederet manfaat teknik seo on page diatas merupakan timbal balik dari segala jerih payah penulisan artikel yang sabar dan teliti, namun saat ini kebanyakan blogger lebih suka teknik instan seperti teknikseooff page, sejujurnya apakah kita sadar bahwa apa yang kita tulis dan kita buat akan kita berikan kepada syapa? Manusia kan! Jadi ada baiknya jika kita menulis sesuatu berdasarkan tujuan awalnya saja, jangan mementingkan kepopuleran semata, toh teknik simple ini pada akhirnya juga akan membawa kepopuleran namun sedikit saja lebih lama.
v  Cara memperbaiki hasil SEO
  • Buatlah Web yang meyakinkan
    Ini adalah langkah yang paling penting. Jika anda mempunyai web yang tidak menarik bagi target pengunjung anda, maka anda tidak perlu bersusah-payah mendapatkan pengunjung. Web anda harus didesign sedemikian rupa sehingga pengunjung akan menjadi pembeli. Anda harus membangun kepercayaan, meyakinkan pengunjung dan cukup mudah digunakan.
  • Cari keyword yang tepat
    Cari keyword yang paling baik untuk anda. Cobalah Pay-Per-Click yang ditawarkan oleh Google dan Yahoo, untuk mencari keyword yang tepat bagi situs anda. Perhatikan dan monitor, keyword yang baik, dengan menggunakan tools yang disediakan oleh Google dan Yahoo.
  • Optimasi web anda dengan keyword ini
    Setelah anda mengetahui keyword yang paling banyak meng-konversi pengunjung jadi pembeli, maka saatnya bagi anda untuk mengoptimasi situs anda agar sesuai dengan keyword ini. Promosi di Google atau Yahoo adalah cara agar anda dapat menguji keyword andalan anda. Sementara optimasi web anda bertujuan agar mendapat rangking baik di hasil search engine, tanpa harus mengeluarkan biaya.
SEO akan sangat berguna jika anda berkonsentrasi pada tujuan yang benar. SEO adalah improvisasi bisnis anda, bukan menghasilkan traffic sebanyak-banyaknya. Fokus pada target pengunjung yang dinginkan dan keyword yang paling cocok. Anda akan menghemat pekerjaan anda dan tentunya sambil menaikkan profit anda.

1 komentar:

ANDROMEDA mengatakan...

Waahhhh... lumayan, sa wat nambah pngtahuan wkwkwkkwwkw... aq dah baca low sblon ne d postkamd hahahahaha.......

Posting Komentar